PBX dan PABX
Pengertian PBX dan PABX
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip
Kegunaan PABX
PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.
1. IP PBX
adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui
jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga
memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang
diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal
yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui
gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon
reguler.
2. PABX kepanjangan dari Private Automatic Branch eXchange yaitu
perangkat yang berfungsi sebagai Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi
tertentu, misalnya : kantor, gedung, perumahan, dll. Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan
panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan
penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor
extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Cara kerja IPPBX
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip
dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa
software (softphone) atau perangkat keras
berbasis ponsel, mendaftar ke server
IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan
mereka meminta IP PBX untuk
melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel /
pengguna dan alamat
yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat
menghubungkan panggilan
internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP
atau penyedia
layanan VOIP.
Cara kerja PABX
Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang
masuk, maka telepon
tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control
station ini. Karena di dalam sistem PABX
tersebut telah dimasukan kode tertentu
untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk
masing-masing
extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat
dengan menggunakan kode tersebut.
Keuntungan IP PBX
1. Jauh lebih mudah untuk menginstal &
mengkonfigurasi daripada sistem telepon proprietary
2. Lebih mudah untuk mengelola karena konfigurasi
IP PBX menggunakan antar muka GUI berbasis web
3. penghematan biaya yang signifikan menggunakan
penyedia VOIP
4. Tidak perlu lagi kabel telepon!
5. Terhindar dari ketergantungan vendor/Brand.PBX
IP didasarkan pada standar terbuka SIP
6. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Anda
7. Dapat Fitur dobel dengan harga diskon 50%
8. Memungkinkan hot desking dan roamingHot desking
- proses yang dapat dengan mudah
9. memindahkan kantor / meja didasarkan pada tugas
di tangan, telah menjadi sangat populer
10. IP Phone lebih mudah di gunakan
Kegunaan PABX
PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.
Komentar
Posting Komentar